Nabi SAW Nyaris Terbunuh, Lika-liku Perjalanan ke Madinah


Nabi Muhammad menempuh perjalanan delapan hari hingga sampai di Quba.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Yunahar Ilyas


Pemuda-pemuda Qurasy yang naik gua itu turun lagi. Mereka melihat ada sarang laba-laba di mulut gua. Dan juga ada dua ekor burung dara hutan di lubang gua itu. Mereka yakin tidak ada orang di sana. Jadi mereka tidak perlu memeriksanya lagi. Akhirnya mereka pergi menjauhi gua. (Sejarah Hidup Muhammad, 181)


Tentang peristiwa dalam Gua Tsur itu Allah SWT berfirman:


إِلَّا تَنصُرُوهُ فَقَدۡ نَصَرَهُ ٱللَّهُ إِذۡ أَخۡرَجَهُ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ ثَانِيَ ٱثۡنَيۡنِ إِذۡ هُمَا فِي ٱلۡغَارِ إِذۡ يَقُولُ لِصَٰحِبِهِۦ لَا تَحۡزَنۡ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَنَاۖ فَأَنزَلَ ٱللَّهُ سَكِينَتَهُۥ عَلَيۡهِ وَأَيَّدَهُۥ بِجُنُودٖ لَّمۡ تَرَوۡهَا وَجَعَلَ كَلِمَةَ ٱلَّذِينَ كَفَرُواْ ٱلسُّفۡلَىٰۗ وَكَلِمَةُ ٱللَّهِ هِيَ ٱلۡعُلۡيَاۗ وَٱللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ


“Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Makkah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita”. Maka Allah menurunkan ketenangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Q.S. At-Taubah 9: 40)


Ma’iyatullah dalam ayat di atas adalah ma’iyyatullah al-khashah dalam arti dukungan atau pertolongan dari Allah baik dengan cara-cara yang konvensioanal maupun yang inkonvensional. Diyakini laba-laba yang membuat sarang secara cepat di mulut gua dan dua ekor merpati hutan yang bertelur adalah tentara yang kamu tidak melihatnya yang dinyatakan dalam ayat tersebut.


Atau dengan ungkapan lain para malaikat diperintahkan oleh Allah tampil sebagai laba-laba dan burung merpati dengan tugasnya masing-masing dalam rangka menolong Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar agar tidak ditemukan oleh para pemburu beliau berdua.


 

sumber : Suara Muhammadiyah





kunjungi sumber konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *