Riwayat Hidup dan Kisah Cinta Putri-Putri Nabi Muhammad SAW


Rasulullah SAW mempunyai putri dari pernikahannya dengan Khadijah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Rasulullah, Muhammad SAW memiliki empat anak perempuan. Keseluruhan putri tersebut berasal dari Khadijah RA. 


Keempat putri Rasulullah SAW yaitu Fatimah binti Muhammad, Zainab binti Muhammad, Ruqayyah binti Muhammad, dan Ummu Kultsum binti Muhammad. Berikut ini penjelasan singkat tentang keempat putri Rasulullah SAW: 


Zainab


Zainab adalah anak dari Rasulullah dan Khadijah. Zainab adalah anak sulung dari Nabi Muhammad dan Khadijah. Zainab lahir di Makkah 600 M, 23 tahun sebelum hijrah. Zainab menikah dengan Abul Ash bin Rabi, sepupu dari Khadijah.


Pernikahan tersebut terjadi sebelum Rasulullah mendapatkan wahyu pertamanya. Namun ketika Allah SWT telah menyampaikan wahyu-Nya melalui Jibril, Muhammad SAW mengajak keluarganya untuk memeluk Islam, termasuk Zainab dan suaminya. Namun Abul Ash menolak.


Saat hijrah ke Madinah, Abul Ash yang masih termasuk dalam pasukan Quraish berangkat menuju Badar untuk memerangi Rasulullah dan umat Islam.  Perang yang dimenangkan kaum Muslimin itu membuat Abul Ash dan pasukannya menjadi tawanan, dan banyak lainnya yang tewas di medan perang.


Namun Zainab adalah orang terdepan yang berjuang membebaskan sang suami. Suatu hari Zainab menemui Rasulullah dan memintanya membebaskan Abul Ash, sebagai gantinya dia merelakan kalung, hadiah pernikahan dari Khadijah, agar suaminya dapat dibebaskan. Meski begitu Abul Ash masih belum memiliki keinginan untuk menerima agama sang ayah mertua, dan justru masih berupaya menghancurkan Islam.


Meski begitu, Zainab terus membantu dan memberikan perlindungan bagi sang suami, meski hanya didasari kebaktian, kesetiaannya sebagai wanita Muslim dan sebagai pertolongan bagi sesama manusia, karena Rasulullah telah mengharamkan hubungan mereka selama Abul Ash masih musyrik.


Setelah suaminya Zainab memeluk agama Islam maka Zainab menikah untuk kedua kalinya dengan Abul Ash secara Islam. Dari pernikahannya, Zainab dikaruniai dua anak bernama Ali dan Umamah. Namun Ali meninggal ketika masih bayi, sedangkan Umamah merupakan salah satu istri Ali bin Abi Thalib, sepupu Rasulullah SAW. 


Zainab binti Muhammad meninggal tahun 8 H/ 629 M di Madinah pada usia 29 tahun dalam keadaan sakit dan dikuburkan di pemakaman Jannatul Baqi, kota Madinah, Arab Saudi.


Ruqayyah..


 


 





kunjungi sumber konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *