5 Fakta Terkait dengan Abu Hurairah RA, Sahabat Nabi SAW


Terdapat sejumlah fakta terkait Abu Hurairah sahabat Nabi Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Abu Hurairah RA merupakan salah satu sahabat Rasulullah Muhammad ﷺ, yang mempunyai kedudukan khusus. Tidak hanya karena kedekatannya dengan Rasulullah SAW, tetapi keistimewaan ilmu yang dimilikinya. 


Tak heran jika dia juga terkenal seringnya meriwayatkan hadits. Dia menjadi sahabat yang paling banyak meriwayatkan hadits. Berikut ini sejumlah fakta terkait Abu Hurairah sebagaimana dikutip Republika.co.id dari laman Mawdoo3 pada Selasa (23/2):


1. Abu Hurairah dikenal sebagai ‘Pemelihara Islam’, karena sering menghafalkan hadits kenabian yang mulia. Dia dianggap sebagai sumber yang dapat diandalkan untuk menyebarkan hadits kenabian, di mana saat ini banyak beredar hadits yang lemah.


2. Nama lengkapnya adalah Abdurrahman bin Shakhr Al-Azdi, berasal dari suku Ad Daus. Pada masa jahiliyah, namanya Abdus Syams. Dia dipanggil Abu Hurairah karena kecintaannya terhadap anak kucing. Dia masuk islam pada tahun ke tujuh hijriah lewat sahabat Tufail bin Amru Ad Dausi.


3. Dia dikenal luas sebagai perawi hadits. Riwayat haditsnya sudah banyak disaksikan secara luas. 


4. Abu Hurairah RA senantiasa ikut berjihad bersama dengan Rasulullah ﷺ. Dia juga ikut berjuang dalam Perang Mu’tah.


5. Abu Hurairah wafat pada usia ke-78 tahun pada 57 Hijriyah. Dia meninggal setelah berjuang melawan penyakit. Kemudian dia dimakamkan di pemakaman Al-Baqi.    


 


 





kunjungi sumber konten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *