Pertemuan rutin bulanan Warga Minang Pangkalpinang dihadiri Sekretaris PWM Babel; Ustadz Sabri ” Silaturahmi memperpanjang umur”

Arisan Bulanan Warga Minang di Pangkalpinang selain untuk meningkatkan hubungan silaturrahim sesama anggota IKMP uga mendengarkan tausiah agama. Minggu tanggal 24 Januari 2022 kemarin ceramah agama disampaikan Ustad Fadillah Sabri yang tidak hanya ulama tapi juga Sekretaris DPW Muhammadiyah Bangka Belitung sekaligus Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. Ustad Sabri hadir bersama istri Dr. Reniati.
Dok ( Rep)

Muhammadiyahbabelnews — Silaturahmi bulanan warga Minang Pangkalpinang di awal tahun 2021 ini terasa berbeda. Kegiatan rutin yang diadakan di Sekretariat Keluarga Minang Pangkalpinang di Jl Nilam Bacang Pangkalpinang ini, kedatangan tamu istimewa untuk memberikan tausiyah.

Selain merupakan ustad, beliau juga seorang Akademisi dan sekaligus Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bangka Belitung. Beliau adalah Ustad Fadillah Sabri, ST, M.Eng, yang saat ini diamanahi menjabat Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung.
Kehadiran Ustad Fadil didampingi Isteri yakni Ibu DR Reni Dekan Fakultas Ekonomi UBB untuk memberikan tausiyah di acara bulanan ini yang memang telah lama dinantikan warga Minang di Pangkalpinang. ” Kali ini adalah undangan yang ketiga kalinya disampaikan ke saya, tapi baru sekarang bisa terpenuhi. Karenanya, saya berbahagia sekali bisa hadir di sini, ” ujar beliau sebelum memulai ceramah agamanya pada Ahad (24/1/2021).

Dalam tausiyah yang tidak membosankan ini diselipkan dengan beberapa contoh dalam kehidupan sehari-hari yang diiringi dengan guyonan sehingga mengundang gelak tawa tanpa hilangnya makna dari uraian tersebut. Fokus ceramah mengutip Qur’an Surat Al Asr. ” Surat ini memuat bagaimana kita umat muslim bersikap terhadap Islam, ” ujarnya.

Menurut beliau, sikap kita terhadap Islam mencakup empat perkara. Pertama mengimani Islam, kedua mengamalkan Islam, ketiga mendakwahkan Islam dan keempat bersabar terhadap Islam.

Silaturrahmi bulanan ini dihadiri puluhan warga Minang Pangkalpinang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M.
Sebelumnya, Ketua Yayasan Keluargan Minang Pangkalpinang H. Fauza Achmad menyampaikan sambutan awal sekaligus perkenalan warga Minang yang hadir. Sambutan selanjutnya disampaikan Ketua Ikatan Keluarga Minang Pangkalpinang H.Sarifuddin. Da Ujang, begitu biasa dipanggil, menyampaikan program kerja yang sedang dilaksanakan IKMP.

Saat ini, katanya, pembangunan Sekretariat IKMP masih terus dilakukan. “Setelah menyesaikan pembangunan Mushala “ Surau Gadang “, kita sedang mengupayakan penyelesaian pembangunan Gedung Pertemuan atau aula berkapasitas sekitar 150 tempat duduk.

Kita berharap, aula ini bisa kita selesaikan sebelum bulan Ramadhan 1443 H sehingga bisa digunakan untuk acara berbuka bersama, ” Jelasnya.


Acara silaturrahmi ini diakhiri dengan shalat asyar berjamaa dan ditutup dengan menikmati Nasi Soto Padang yang disuguhkan Bundo Kanduang anggota arisan yg dimotori Resi Amelia.(Rep)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *