Stress dengan pola pendidikan ditengah Pandemi ? ini tips dari Psykolog Mu untuk para orang tua

Gambar oleh Sasin Tipchai dari Pixabay

Muh.Babelnews.com. Ditengah Pandemi Covid 19 ini peran orang tua bukan lagi hanya sebagai guru pertama bagi anak anaknya, tetapi juga pengambil peran seorang guru yang mengajarkan banyak mata pelajaran, tentu hal ini berimplikasi kepada beban mental orang tua dan anak anak, jika mempunyai satu orang anak saja sudah harus mengikuti beragam mata pelajaran dan kurikulum, lantas bagaimana dengan orang tua yang mempunyai anak lebih dari satu ? tentu ini menjadi tantangan terbaru untuk para orang tua.

Psikiater RS PKU Muhammadiyah Gamping Rr. Tesaviani Kusumastiwi menekankan agar para orangtua bersikap siap, adaptif dan kreatif dengan sarana apapun yang dimiliki.“Dengan menurunkan target kita bisa jauh lebih tenang apalagi setiap anak punya proses belajar yang berbeda-beda,” tutur Tesa dalam Covid-19 Talk on TV, Selasa (18/8). dengan menurunkan target belajar
anak sesuai dengan kondisi dan kemampuan anak membuat orangtua mengetahui kecenderungan karakter cara belajar anak-anak mereka lebih dalam.

Kedua, para orangtua menurut Tesa perlu untuk mengatur jadwal belajar anak secara konsisten, menyesuaikan dengan kesibukan dan fokus lain mereka semisal pekerjaan dan mengurus rumah.

Hadiah dan hukuman menurut Tesa juga patut dilakukan untuk merangsang gairah belajar anak, termasuk membiarkan anak mengambil jeda bermain agar ada penyegaran bagi konsentrasi dan fokus mereka.

“Setiap orangtua wajib mendampingi. Orangtua punya peran sangat aktif. Tapi orangtua juga perlu me time (waktu khusus untuk sendiri),” pesan Tesa agar orangtua pun juga tak terlalu penat sehingga pendampingan belajar yang diberikan terhadap anak dapat optimal.

“Jangan sampai mendampingi anak dalam kondisi yang tidak happy. Kenyamanan anak sangat perlu diperhatikan,” imbuh dokter umum RSUD Sleman Diniyyah Luthfiana.

m.muhammadiyah.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *