Thermogun berbahaya bagi otak ? ini kata ahli

Saat ini kita masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan alat pendeteksi panas/suhu badan non kontak Thermogun, alat ini digunakan baik untuk kepentingan medis maupun pelayanan secara tatap muka seperti di pusat perbelanjaan, bank, bahkan Ojek Online pun menerapkan protokol pelayanannya dengan menggunakan Thermogun tersebut.

Beberapa waktu lalu Thermogun sempat menjadi topik hangat baik diwarung kopi maupun pengguna medsos karena alat tersebut dapat mengganggu kinerja otak, pelak saja hal tersebut menimbulkan perdebatan hangat di khalayak.

Menjawab isu tersebut, sebagaimana di lansir muhammadiyah.or.id dokter spesialis syaraf RS PKU Yogyakarta Zamroni menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar dan berlebihan.

“Allah menciptakan otak di dalam lapisan yang memiliki banyak lapisan, alangkah lengkapnya proteksi yang ada di situ. Dari segi anatomis (kepala manusia), alat ini masih cukup aman untuk digunakan,” jelas Zamroni dalam Healthy Corner yang disiarkan secara live melalui youtube Muhammadiyah Channel, Selasa (28/7).

Senada yang diutarakan Zamroni, Didi Sumanto ahli Kesehatan Masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Semarang menilai berkembangnya disinformasi mengenai isu bahaya thermogun tidak lepas dari kesehatan mental masyarakat.

“Kita harus pahami. Ini juga dipicu hoaks dari berbagai hal. Masyarakat yang terpelajar pun belum punya kesiapan mental. Pengalaman saya (dalam sosialisasi) harus bagaimana agar masyarakat tidak takut. Kami di bidang Kesehatan Masyarakat harus berhati-hati dalam mengemas informasi,” ungkapnya.

Protokol kesehatan penanggulangan Covid 19 sudah barang tentu penggunaan Thermogun di Bangka Belitung sudah menjadi prosedur wajib, terutama dalam pelayanan yang memerlukan interaksi langsung, bagi Anggota perserikatan Muhammadiyah lebih mempercayakan kepada ahli karena sudah jelas Kapasitasnya, hal ini di ungkapkan ketua PCM Bukit intan Yoss Hendry ” bagi kita yang terpenting adalah jangan sampai dissinformasi tentang penggunaan alat tersebut” pungkasnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *